Senin, 14 Agustus 2017

Obyek Wisata Kalimantan Tengah Keindahan Indonesia

Pesona Wisata. Propinsi Kalimantan Tengah secara geografis berbatas dengan Propinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan di sebelah Timur, di sebelah Barat berbatasan dengan Propinsi Kalimantan Barat , dan disebelah Utara berbatasan dengan propinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur, sementara di unsur Selatan berbatas dengan Laut Jawa.

Ibu Koyta propinsi Kalimantan Tengah mempunyai nama Palangkaraya dengan luas distrik 157.983 Km2 merangkum 13 kabupaten dan 1 kota dengan 85 kecamatan terdiri dari 1.340 desa dan 101 kelurahan.


Pemekaran wilayah otonom Kabupaten dan Kota terjadi dalam masa propinsi Kalimantan Tengah menjadi wilayah otonom. Kabupaten Barito dimekarkan menjadi Kabupaten Barito Utara dan Barito Selatan, sementara Kabupaten Kotawaringin dimekarkan menjadi Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur. Pesona Wisata.

Provinsi Kalimantan Tengah adalahprovinsi dengan penduduk sangat sedikit di Kaimantan tetapi mempunyai populasi masyarakat Dayak paling tidak sedikit dibandingkan dengan provinsi lainya di Pulau Kalimantan. Pesona Wisata.

Pesona Wisata Dayak
Masyarakat Dayak yang ada di Kalimantan Tengah terdiri dari, antara beda yang terbesar, yaitu: Orang Dayak Ngaju, Ot Danum dan Ma’anyam. Pesona Wisata. Bahasa Ngaju adalahbahasa yang sangat luas dipakai di Kalimantan Tengah. Bahasa ini dipakai di wilayah Kapuas, Palangkarayadan Barito selatan.

Secara geografis, bagian unsur utara Kalimantan Tengah adalahwilayah perbukitan sementara wilayah lainnya adalahwilayah dataran rendah yang datar. Pesona Wisata. Kegiatan penebangan hutan sekitar bertahun-tahun mengakibatkan sebagian distrik utan di wilayah ini mengalami kehancuran atau penggundulan.

Pesona Wisata. Agama utama di Kalimantan Tengah ialah Islam tetapi keyakinan Kaharingan masih tetap dijalankan secara luas. Secara bahasa Kaharingan berarti hidup atau kehidupan. Kepercayaan ini sebenarnya ialah tradisi pribumi yang diwariskan dari generasi ke generasi melalui kisah dari mulut ke mulut, upacara adat dan pekerjaan kesenian.

Obyek Wisata Palangkaraya Ibukotanya Kalimantan Tengah
Kota yang dilewati Sungai Kahayan ini adalahibukota Kalimantan Tengah. Pada masa Orde Lama, Palangkaraya pernah diusulkan Presiden Soekarno sebagai ibukota Kalimantan. Saat ini, Palangkaraya adalahkota canggih yang lumayan bersih dikelilingi oleh area hutan yang lumayan luas dan area pemukiman transmigrasi. Pesona Wisata.

Palangkaraya menjadi kota persinggahan untuk wisatawan sebelum mengarah ke ke lokasi lain, terutama mereka yang punya minat mengeksplorasi terpencil Kalimantan.

Kegiatan wisata dapat dimulai dari Museum Balanga di Jl Cilik Riwut, Km 2.5. Memperagakan sekian banyak  benda berhubungan dengan kebudayaan masyarakat Dayak Ngaju tergolong upacara adat guna menyambut kelahiran, perkwinan dan upacara kematian. Di Jl Panjaitan ada pusat kesenian Mandala Wisata dengan model bangunan seperti lokasi tinggal tradisional Dayak yaitu lokasi tinggal panjang. Pada malamharu wisatawan bisa berjalan-jalan ke pasar malam di sudut Jl Rawa dan Jl Halmahera.

Pesona Wisata Bukit Tangkiling
Pesona Wisata. Objek wisata di Kota Palangkaraya yang dirasakan berpotensi untuk dijual yaitu diantaranya area wisata Tangkiling berupa : Taman Wisata Tangkiling, Batu Banama, dan Kawasan Wisata Nyaru Menteng, Museum Balanga, Sandung NGabe Sukah, Danau Kereng Bangkirai, Taman Pantai Sabaru.

Objek wisata Danau Tahai t6erletak di Desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, berjarak selama 29 Km dari pusat Kota Palangkaraya. Untuk menjangkau ke tempat sangat mudah melulu memakan masa-masa 30 menit baik dengan memakai kendaraan Roda dua maupun kendaraan roda empat, dengan situasi jalan aspal yang lumayan bagus.

Wisata Andalan Batu Banama
Batu Banama menjadi objek wisata tumpuan karena di samping menawarkan panorama alam yang estetis juga dapat dikategorikan sebagai wisata budaya, sebab pada tempat areal wisata ini terdapat website Kaharingan,

Pura Agung Sali Paseban/Satya Dharma. Pesona Wisata. Legenda mengenai kisah terjadinya batu banama tersebut sendiri yang bila disaksikan dari samping bentuknya serupa seperti buah bahtera yang terdampar.

Danau Tahai terletak di Desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, berjarak sekitar29 Km dari pusat Kota Palangkaraya.

Untuk mencapau ke tempat sangat mudah, yaitu melulu memakan masa-masa 30 menit baik dengan memakai kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat, dengan situasi jalan aspal yang lumayan bagus. Pesona Wisata.

Keindahan Kotawaringin Barat
Pesona Wisata. Kabupaten Kotawaringin Barat dengan ibu kota Pangkalanbun ialah Daerah Otonom dan Kabupaten ini mempunyai nyaris semua keindahan tanah tropis.

Terdapat tidak sedikit tempat keindahan alam yang natural antara lain pun menjadi lokasi tinggal orang utan, kera besar Asia yang bermukim di hutan perawan bersama-sama dengan sekian banyak  flora dan hewan lainnya dan menyusun ekosistem hutan hujan tropis sejati.

Batu Kecubung dan sejumlah jenis batu berharga lainnya melulu dapat ditemukan di distrik ini. Bebatuan ini menjadi bahan industry kerajinan di Pulau Jawa dengan harga yang tinggi. Kecubung yang berwarna ungu harganya seringkali mahal. Pesona Wisata.

Pantai Kubu adalahpantai yang amat estetis yang berdampingan dengan Teluk Kumai, teluk ini menurut studi Japan International Cooperation Agency (JICA) Tahun 1999, merupakan area pembangunan pelabuhan samudera yang amat ideal di Kalimantan.

Orang utan ditemukan paling berpengaruh di Kalimantan dan Bagian Utara Sumatera. Orang utan memiliki kedekatan dengan bangsa insan primitive menurut format tubuh dan pola tingkahnya. Pesona Wisata. Taman Nasional Tanjung Puting di Kabupaten Kowararingin Barat menjadi habitat pribumi orang-hutan yang menjadi perhatian dan penanganan internasional.

Berpetualang di Muara Teweh
Bagi yang menyenangi wisata petualangan dapat mendatangi Muara Teweh yang cocok untuk wisatawan dengan stamina powerful dan menyenangi jenis wisata petualangan sebab Muara Teweh adalahtitik mula sebelum mengawali perjalanan menyusuri hutan dan pegunungan Kalimantan Tengah.

Muara Teweh tergolong wilayah terpencil yang sedang di Hulu Sungai Barito dan adalahsalah satu area penebangan hutan (loging). Pesona Wisata.

Muara Teweh ialah tempat perberhentian terakhir untuk perahu motor di Sungai Barito, perjalanan lebih jauh ke hulu sampai ke Purukcahu melulu dapat dilaksanakan jika situasi air sungai memungkinkan sampai-sampai masih dapat dilewati perahu motor.

Dari Purukcahu perjalanan bisa dilanjutkan lebih jauh ke unsur utara dengan memakai perahu motor dan dengan ditemani pembimbing setempat wisatawan bisa meneruskan perjalanan dengan berlangsung kaki (treking) menyusuri hutan dan pegunungan Kalimantan. Di dekat Gunung Pacungapung, di perbatasan antara Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur, ada tonggak yang menjadi symbol geografis bahwa lokasi tersebut ialah titik pusat (central) Pulau Kalimantan. Pesona Wisata.

About the Author

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Below ©. Created Theme By | Mr. Thony